Wednesday, August 25, 2010

Puasa dulu, pasti bantuin mamah bikin kue. Kebagian marut keju oles-oles kuning telur dan menghias bagian atas kue. Puasa sekarang, bayar orang untuk bikinin kue yang sama.

Puasa dulu, suka dimarain kalo nunggu-nunggu waktu buka di meja makan sambil ngeliatin makanan yang tertata di meja. Puasa sekarang, seringkali buka seadanya dan nggak terlalu napsu ngeliat makanan karena mumpung puasa sekalian pengen nurunin berat badan.

Puasa dulu, abis saur pasti maen badminton di luar sama temen-temen. Puasa sekarang, abis saur langsung bablas tidur karena justru biasanya baru bisa tidur setelah saur.

Puasa dulu, semangat milih baju lebaran sejak jauh-jauh hari. Puasa sekarang, liat-liat koleksi lama baju muslim trus disetrika pada saat malam takbiran buat dipake besok.

Puasa dulu, sibuk ngitung-ngitung bakalan dapet salam tempel berapa. Karena udah puasa sebulan, karena uang saku nggak kepake jajan, belom lagi dari om dan tante tersayang. Puasa sekarang sibuk ngitung zakat dan mau dikasih ke siapa aja. Kaget ngeliat besarnya karena ngeluarin sekaligus, tapi lupa sama betapa besarnya yang sudah didapat ... dan itu pasti JAUH lebih besar.

Puasa dulu, suka marah-marah kalau dibangunin sahur. Puasa sekarang; gampang banget dibangunin karena emang belum belum memasuki fase tidur lelap di jam segitu. Sekali ketuk, langsung bangun.

Puasa dulu, saat berbuka adalah saatnya menikmati tajil yang dibuat mamah sambil duduk bersama di meja makan dan saling cerita. Puasa sekarang, justru terbalik. Saat sahur adalah saat aku pasti duduk bareng keluarga dan cerita kemarin ngapain aja. Setelah makan, ditutup dengan tajil bikinan mamah di sore sebelumnya.

Banyak perubahan yang terjadi antara puasa aku dulu dengan puasa sekarang. Tapi ada satu hal yang tetap sama. Sama-sama belum mendalami hikmah Ramadhannya. Tapi Alhamdulillah, masih dikasih kesempatan untuk kumpul bersama. Masih, hingga saat ini.

No comments:

Post a Comment

Tentang kamu di suatu pagi

Saat itu. Aku, aki dan dirimu; La Luna.  Naik motor di pagi hari, mengantarmu bersekolah untuk belajar dan berlari-lari.  Kamu di paling ...