Sunday, November 29, 2015

The hardest part

Ngerasain sakitnya kontraksi 26 jam, checked.
Ngerasain dikhianatin, checked.
Ngerasain ditinggalin, checked.
Ngerasain dibohongin anak sendiri, trust me it hurtssss! (walaupun cuma soal kecil), checked.

Satu momen yang paling susah buat saya, dan mungkin juga para ibu lainnya, adalah memberitakan sebuah kematian pada anak. Apalagi kalau yang meninggal itu tak lain adalah keluarga dekat.

Eyangnya Titan memang sudah agak lama dirawat di rumah sakit. Kita sempat menjenguk beberapa kali. Salah satunya hari kamis itu. Sebuah telfon memberitakan keadaan kritis eyang. Air mata langsung menetes sambil bergumam "Yah, bapak...."

Ternyata, aku kalau lagi panik begitu benar-benar enggak bisa mikir. Totally blank. Segera menelfon taksi dan ke sekolah untuk jemput Titan. Sampai di ruang administrasi pun mata masih basah dan mulut masih terbata-bata memberitakan "Mau jemput Malicca, 2/3 B, family issue. Eyangnya koma."
Petugas administrasi pun langsung berubah air mukanya. Langsung ditelfon sang wali kelas dan saya pun berhambur ke lantai dua untuk segera menjemput. Sampai di ruang kelas, ternyata titan masih sholat.

Di taksi, Titan masih ngoceh panjang kali tinggi kali lebar. Sementara mata udah sembab banget, mau ngomong juga susah. Akhirnya, saya ngomong juga.

Titan, you know that eyang is sick right?
Well, today we are going to see him because his condition got worse. We don't know whether he will survive or not. But we have to be there to see him. To pray for him and to give him a great spirit to live and we need to be ready for the worst. 

Iya, ngomong serius itu emang lebih enak pakai bahasa inggris ya.
Lebih  singkat dan rasanya enggak sakit-sakit amat.

Titan cuma diam. Alih alih dia malah bertanya, kenapa orang menciptakan rokok. Kenapa orang harus merokok. Dan saya malah menjelaskan bagaiman sejarahnya ditemukan teh oleh kaisar Cina. Mungkin, mungkin ya, itu cara kami menutupi kesedihan.

Sesampainya di rumah sakit, Titan langsung sibuk bermain dengan ayahnya. Somehow, tanpa harus dikatakan, mereka  sedang berbagi sedih. Saling berada bersisian tampaknya sudah menjadi semangat besar buat keduanya.

Dua hari kemudian. Berita itu datang.

"Maafin bapak ya. He is in a better place now."

Tidak seperti dua hari yang lalu, kali ini aku enggak bisa nangis. Sibuk memikirkan bagaimana caranya ngasih tau Titan. Kebetulan Titan lagi ngaji, jadi aku punya waktu agak banyak untuk berpikir. Rencananya kami memang mau ke Rumah Sakit lagi sore ini untuk jenguk eyang. Tapi ternyata kami malah harus ke rumah duka.

Setelah ngaji, Titan bersiap-siap untuk mandi. Dia tahu, dia mau pergi ke rumah sakit dan kelihatan enggak sabar. Akhirnya, saya hampiri dia. Mungkin ini saat yang tepat. Buat saya, berada di bawah pancuran yang hangat bisa mengangkat luka dan pedih di hati walaupun sedikit. Jadi saya pikir, mungkin hal ini juga bisa berlaku buat titan. Sambil melucuti bajunya, saya peluk dia kuat-kuat.

"Titan, kita perginya enggak jadi ke rumah sakit tapi ke rumah eyang di depok. Karena eyang sudah  pulang ke rumah. Eyang udah enggak ada, Tan. Eyang sudah meninggal. Titan sabar ya."

Titan cuma mengangguk.

Saya lalu keluar kamar mandi membiarkan dia sendiri.
Kok aneh, responnya cuma gitu aja. Pikir saya.

Lalu kita pun berangkat ke rumah duka. Sampai sana saya ajak titan berdoa. Neni (neneknya) mengajak titan untuk melihat wajah eyang untuk terakhir kalinya. Untuk sesaat, tenggorokan saya tercekat.  Tiba-tiba semua gambar berlari mundur di kepala saya. Untung sahabat kami, Tata dan Patria datang dan saya pun teralih.

Sampai rumah, saya menemani Titan tidur. Hanya kami berdua di kamar. Lalu saya bertanya.
"Kenapa Titan enggak menangis? It's okay to cry. I am sad too."

Seketika itu tangis saya meledak. Juga dia. Kami menangis bersama, berpelukan.
Ada rasa sesal, rasa sedih, dan berjuta ingin yang menyembur dari hati.
Kepala Titan ajrut-ajrutan di dada saya yang memeluknya dengan erat.
Enggak banyak ngomong, kamu berdua cuma menangis.
Setelah itu, titan tampak lebih tenang. Lalu ia tertidur.
Saya buka halaman-halaman buku sketchnya. Terpampang gambar eyang, beserta tanggalnya. Sepertinya, digambar sore tadi selepas mandi.

Detik itu saya menyadari, bahwa titan anak yang introvert.
Jauh dari bayangan saya selama ini, bahwa dia adalah anak yang terbuka dan easy going.

*Peluk Titan*


Bulan november kali ini terlalu basah

Wednesday, November 04, 2015

The terrible two

La Luna is two years and four months now. Day by day, I am starting to realize how drama queen she has become. Sometimes I got easily ticked off. Sometimes, I pretend being a deaf when she tantrums. Here are some lists.

"The world revolves around me"
This is the first drama of all. When she talks, she will not allow you look at other spot. She would just pull off your jaw so you can see her in the eye. And watch she talks, sings or do something.

"If I am upset, I will make sure your life is miserable too."
She cried and cried and will not let you do your things. She will try harder to make you upset too. Like screaming while stepping on your toe, or throw your things to the trash bin, everything but a peaceful you.

"Everything needs to be done, my way. "
If you get wrong doing it, she would ask you to do it again.
Or, a tantrum.

"If I don't get what I want, so does everyone else. "
She is not getting an ice cream because she is having fever. Then she would grab anyone's ice cream and throw them away.

I wonder whether these things happen to La Luna only, or it is so typical of raising a daughter. Sadly and luckily, these also happen to most moms with daughters. I asked a friend when I will get through this phase. She laughed. Hard. Apparently the drama will always come up. In another form as our daughter grows.

Good God!

"Guys, how can you fall in love with us?"

Tuesday, November 03, 2015



"Jadi orang tua itu, harus mau repot lho!"
-Dr. Waldi, Spa-




His Facebook status today. Of course, with a story behind it. 
The story of a parent who gave their son homeopathy sedative, because they think their son is hyperactive. Dr. Waldi thinks that the child have so much energy and his parents need to channel it instead of giving him sedatives. 

Jleb moment for me. 

I am too lazy to take Luna for a walk, everyday. 
I am too lazy to take her bounce a ball or ride a tricycle, every afternoon.
I prefer her to squeeze playdough and paint, everyday.
And so I can watch her under aircon, and so I could peep my mobile, and so I could play the music on, and so I don't need to make nonsense conversations with the neighbour. 

Oh, two years and I haven't been a better parent.

Maaf ya Titan, La Luna, bunda janji akan jadi lebih baik.
Dan lebih sabar.
Bear with me. 

The life itself is a magnet, son.

You may not remember this day. May I may too, that is why I choose to write it down for you.
Today, we had a chat on a very early breakfast. 6 am to be exact. So early because you are going for a field trip for your multicultural event.

I told you a story about our neighbour, and elderly grumpy grandpa. I saw him busy trying to hurt a cat with a bamboo. The bamboo got stuck on the bush, instead, he got distracted and tried to get his bamboo back. The cat ran away. As fast as he can.

You laughed hard and you said this.
"You ever told me that when you start your day with whirlwind, you will be upset for the rest of the day. Is it what is going to happen with that grandpa next door?"

"Maybe. I don't know. But yes, I believe that the life itself is magnet. This may not be scientific but I believe it is how our mind works. Your brain grows according to your mind. The nerves get connected one to another. When you think of good things, the good neurons will grow and connected with other good things neurons and they will effect your body then will effect your life."

He looked confused.

"Here is more example about the life itself is a magnet. When you do good to people, people will do good to you right?"

You nodded.

"When you are bad to people, they would do bad things to you too. Or, they do not want to play with you. Or they want to hit you back if you hit them."

"Oh yes, it happens." You responded.

"When you think you cannot do the math, you will not be able to do it."

"Oh, that is what happen to me all day hahahaha" you laughed bitterly.

"Try this. You ride your bike and think you will fall today. I think you will fall from your bike right away."

"Because I keep busy focussing on I might fall."

"Yes, that is right. I think you get the point. So from now on, just think of happy thoughts aja. That you can do things, that you are going places."

"Iya sih."

And he went off to school.

Tentang kamu di suatu pagi

Saat itu. Aku, aki dan dirimu; La Luna.  Naik motor di pagi hari, mengantarmu bersekolah untuk belajar dan berlari-lari.  Kamu di paling ...