Wednesday, June 04, 2014

Bussiness Day 2014

Halo halo, ketemu lagi dengan bussiness day tahun ini! Business day tahun lalu, bisa dibaca di sini ya :)

So yes, bussiness daynya titan tahun ini agak berbeda dengan tahun lalu. Kalau dulu kan orang tua harus menyumbang materi jualan selain yang disiapkan oleh murid-murid dan guru. Nah, kali ini, orang tua hanya bertugas untuk mensupervisi aja rangkaian kegiatan yang harus dilakukan anak-anak. So, inilah kira-kira rantai acaranya!

Business day tahun ini diselenggarakan pada hari Jumat, 30 Mei 2014. Nah, kerepotan-kerepotannya dimulai sejak awal Mei. Pertama-tama, anak-anak membuat sebuah perusahaan. Kelasnya Titan ngasih nama Fun Day Market, karena topik term 4 kali ini adalah tentang siang dan malam. Saya ingat suatu hari sepulang sekolah, Titan menghampiri saya dan bercerita nama perusahaan dari dialah yang mendapat voting terbanyak di kelas (wah, emaknya aja belasan tahun jadi copywriter belom pernah berhasil bikin nama brand :D )

Keesokan harinya, Titan dapat copy Surat Perjanjian Kerja yang harus ditandatangani oleh orang tua. Isinya adalah list down pekerjaan-pekerjaan rumah yang bisa dia lakukan di rumah. Setiap harinya ada 10 jenis pekerjaan yang bernilai seribu rupiah. Kerja? Like seriously? Iya, tahun ini mereka harus bekerja untuk mendapatkan modal. Beda dengan tahun lalu dimana modal diberikan dalam bentuk barang oleh orang tua. But me being tough, tanda tangan hanya didapat dengan cara interview. Titan sempat keberatan. Tapi saya bilang, kalau sudah besar; kalau mau kerja ya harus interview dulu. Akhirnya Titan setuju. Interviewnya sama bubu dan harus bikin janji dulu sebelumnya. Titan pun siap tiga puluh menit sebelum waktu yang dijanjikan. Sayangnya, video interviewnya kegedean untuk diupload di sini. Tapi kira-kira beginilah petikannya.

Selamat siang bubu, titan dari fun day market mau bekerja di rumah. Jadi, nanti kan kita juga akan presentasi sama investor, tapi selain itu kita juga harus cari dana. Nah, uangnya didapat dari bekerja. 

Kamu minta digaji berapa?

Tuh, di situ ada kok harganya *dan Titan pun disuruh berhitung* 

Oke, kamu serius mau bekerja? 

Iyalah, kan butuh uangnya. 

Trus kamu mau digaji harian atau bulanan? 

Hmmm... enggak sebulan. Kerjanya cuma dua minggu sampai tanggal 15 Mei.

Wah kerja apaan cuma dua minggu? *sambil becanda ketawa-ketawa*

Kan udah dibilang, kerja buat Fun Day Market *titan jawab serius* 

Oke-oke, kamu diterima kerja di sini. Selanjutnya nanti urusannya sama Bunda ya, dia yang jadi supervisor kamu. Kamu nurut-nurutlah sama supervisor bunda, dengerin setiap instruksi

*Dan mereka pun salaman hahaha*

Keesokan harinya adalah hari presentasi dengan investor. Siapakah mereka? Mereka adalah ibu kepala sekolah dan seorang guru. Investor akan meminjamkan uang satu juta untuk setiap kelas, dan uang itu harus dikembalikan kepada pihak sekolah *bunda smirks*

Saya enggak sempat hadir di hari presentasi. Tapi Titan cerita, the presentation was good. Dia kebagian untuk presentasi mengenai drinks booth.

Beberapa hari kemudian, Titan humming-humming lagu. Awalnya sih belum nyadar lagu apa itu sampai akhirnya dia sendiri yang cerita kalau besok adalah jadwal untuk campaign ke kelas-kelas mempromosikan perusahaan kelasnya. Dan mereka punya jingle sendiri.

Ayo siapa yang lagi lapar? 
Ayo siapa yang lagi haus? 
Ayo ayo, datang ke Fun Day Mart; semua ada semua lezat
Nasi bakar, dimsum, donat, kebab juga ice tea yogurt dan bubble tea
Ayo datang ke Fun Day mart, dari K-1/ B
Fun day mart!

Dan sebelum tidur, dia sempat bilang gini:

Nda, Titan besok jangan sampai lupa ya harus ngomong apa pas campaign ke kelas-kelas.

Lho, gimana sih? Maksudnya Titan mengingatkan diri sendiri ya? 

Iya. 

Emang besok harus ngomong apa? 

For drinks, there will be yogurt, lemon tea and ice bubble!

Nah, itu hafal. 

Iya, Titan udah hafal sih. Cuma takut lupa aja. 

Tenang, pasti bisaaaa ... kalaupun lupa yang enggak papa juga. Santai aja, tapi Bunda yakin Titan sih pasti bisa. 

Hari-hari pun berlalu. Dua hari pertama kerja di rumah sih rajin. Mulai bangun tidur beresin ranjang, naruh cucian kotor, siapin makan dan makan sendiri. Basically apa yang dia kerjain sehari-hari sih, tapi kali ini dibayar. Dan ternyata sama aja, banyak bolongnya hahaha. Akibatnya, Titan cuma dapat tujuh puluh enam ribu rupiah, padahal seharusnya dia bisa dapat seratus lima puluh ribu rupiah.

Dan hari itu pun tiba. Ni anak yang biasanya bangun pagi susah banget, kali ini bangun sedikit lebih cepat. Enggak sabar kayanya mau jualan :D Well, saya sendiri baru bisa datang jam sepuluh sama Luna dan stay di sana sampai toko tutup jam dua belas siang. Ngapai aja saya di sana? Uhm ... bolak balik beli makanan dan minuman hahaha. Beneran, ice bubblenya enyaaaaak!

Good job ya, Titan! Good job kids and teachers!

SPK
The K-1/B Team
Malicca was in HR
The Plan - Do - Review, High Scope's credo

The Business Plan

The Poster Advertisement

Food Corner
Pelanggan Pertama

Opening Song










No comments:

Post a Comment

Let's cut the crap from the question of Which Mom Are You?

A few years back, social media was being fussy about working mom versus stay at home home. What a nonsense brag! Since I went through ...