Wednesday, August 25, 2010

home

Pantai ini, cuma lima belas menit dari rumah, … atau kira-kira satu jam setengah deh kalau naek sepeda. Agak lama ditempuh naik sepeda karena rute jalannya turun naik bukit untuk sampai ke pantai yang sangat landai ini. Namanya Pantai Pasir Padi. Pantainya luas sekali dan wilayah airnya pun landai. Udah jalan 200 meter ke arah laut, airnya baru sampai sebatas lutut. Pantai ini aman banget untuk bawa anak kecil, dan tentunya, dulu jadi tempat aku bawa lari-lari sore anjing dan monyet kecil aku. Ngebiarin dia berenang-berenang di laut dan lari kejar-kejaran.


Pangkal pinang adalah sebuah kota di sebuah pulau yang namanya Pulau Bangka. I just love this place. Really love it! Walau cuma satu setengah tahun tinggal di sana tapi rasanya seperti kampung halaman sendiri dan pengen tiap tahun bisa ke sana. Di sini aku mengenal dan berteman baik dengan etnis Cina, dan mereka sungguh berbeda dengan etnis Cina yang biasa aku temuin. Di sini, kita bisa hidup berdampingan tanpa tahu apa itu etnis. Aku main ke rumah mereka saat Imlek, ikut bikin kue keranjang, melihat mereka berdoa dan bantu bakarin dupa. Nama mereka pun masih nama asli Cina yang sulit aku hafal saat aku sekolah. Liong Tet, Sian Kwet, Mei Hwa, Syun Kew Yie, Ai Hwa, … itu beberapa nama mereka.


Makanannya, … jangan tanya! Ini surga untuk mereka yang suka seafood dan seneng mancing seperti si papah. Di pasar, ikan-ikan yang udah nggak laku di atas jam 11 akan ditinggalin begitu aja sama penjualnya, berserakan digondol kucing liar. Makanya kucing di pasar gendut-gendut. Sirip ikan hiu yang jutaan per ons-nya di Jakarta, di sana hanya dengan dua ratus ribuan kita udah bisa bawa pulang setengah kilogram sirip ikan hiu. Gelembung udara ikan, haisom atau tripang dan berbagai macam ikan lain yang pasti jarang kita temuin di tempat lain seperti misalnya, siput Gung-Gung. Rajungannya … waduuuuh besar-besar sekaliiiii! Dan di sinilah aku pertama kalinya makan scallop sashimi segar (ya iyalah yang namanya sashimi pasti segar, kali!) yang dijaring nelayan. Yeah, I know makanan ini udah dilarang untuk ditangkap hehehehe. But what can I say, … who can resist its taste :p


This is my favorite place, ever. It's my home.

2 comments:

  1. eeeeeh ... beneran yah, aku mau nih balik sana lagih! Pertengahan tahun depan mau nggak, sapa tau nemu spot diving :D

    ReplyDelete

Tentang kamu di suatu pagi

Saat itu. Aku, aki dan dirimu; La Luna.  Naik motor di pagi hari, mengantarmu bersekolah untuk belajar dan berlari-lari.  Kamu di paling ...